Kesalahan SEO Untuk Pemula Yang Harus Dihindari

20 Kesalahan SEO Untuk Pemula Yang Harus Dihindari

20 kesalahan seo yang sering terjadi oleh pemula - anda sudah yakin sudah seo 100% tapi kok blognya masih sepi kayak rumah tidak ada penghuninya.Nah jika sudah seperti itu mungkin anda semua masih melakukan seo yang salah atau belum benar menurut google.mungkin kesalahan seo sering terjadi di bawah kesadaran kita,kadang kita sudah rasa bahwa seo blog kita sudah full tapi kenapa blog kita masih sepi kayak kuburan padahal umurnya udah tua.biasanya kesalahan seo pemula ini sering terjadi pada seorang blogger yang hanya membaca informasi dari blogger yang asal-asalan yang belum ada bukti nyatanya.

Kesalahan SEO Pemula

Maka dari itu disini saya akan berbagi beberapa kesalahan seo pemula yang mungkin harus segera anda hindari jika ingin blog anda ramai pengunjung atau memiliki trafic yang tinggi.silahkan anda simak 20 daftar kesalahan seo pemula yang harus dihindari sekarang juga.

Berikut Kesalahan SEO Pemula Yang Harus Di Hentikan.

1. Belajar SEO Tidak Dari Awal.


Perlu anda ketahui bahwa untuk melakukan sesuatu atau untuk mempelajari sesuatu itu tidak ada yang instan,semuanya harus kita pelajari dari awal terlebih dahulu.Begitu pun dengan SEO,jika kita tidak belajardari awal maka beberapa kesalahan mungkin bisa saja kita lakukan dalam melakukan optimasi seo ini.Maka dari itu banyak para pemula blogger yang melakukan kesalahan dalam mengoptimasi SEO blog mereka yang akhirnya berdampak buruk bagi mereka sendiri.Cukup penting untuk memahami apa sebenarnya itu SEO, apa itu SEO blackhat dan whitehat, apa itu backlink, bagaimana cara kerja mesin pencari, bagaimana cara kerja Algoritma Google, dan lain sebagainya.
Baca Juga : Cara Optimasi SEO Yang Benar

2.  Sering Tidak Melakukan Riset Keyword.


Kadang para pemula blogger sering membuat artikel dengan judul tanpa diriset terlebih dahulu,terkandang mereka juga membuat jdul yang asal-asalan yang akhirnya berdampak buruk pada artikel blog mereka seperti sulit di temukan di google atau semacamnya.Cobalah anda melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum ingin membuat sebuah artikel,karena jika anda memasukan keyword yang benar dalam artikel anda maka artikel anda dengan mudah dapat ditemukan di halaman pertama google.
Baca Juga : Cara Melakukan Riset Keyword Yang Benar.

3. Membuat Konten Asal Jadi.


Para blogger pemula selain sering melupakan riset keyword sebelum membuat artikel dan membuat judul yang asal-asalan tapi mereka juga suka membuat konten artikel yang asal-asalan tanpa memikirkan terlebih dahulu.Padahal mereka tidak tahu betapa penting membuat sebuah artikel berkualitas,tidak hanya untuk menarik perhatian google tapi juga memberi manfaat kepada pengunjung.
Baca Juga : Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO.

4. Tidak Mendaftar ke Google Webmaster Tools.


Kebanyakan para pemula blogger sering kali tidak mendaftarkan blog mereka ke google webmaster tools,padahal blog yang tidak di daftarkan ke google webmaster tidak akan ditemukan di google.Bisa saja sih ditemukan tapi mungkin butuh proses waktu yang amat sangat lama.

Dengan Google webmaster tools kita bisa melihat bagaimana performa blog kita di mesin pencari. Kita bisa melihat blog kita seperti bagaimana Google melihat blog kita.
Kita bisa mengecek backlink, kata kunci yang paling populer, jumlah index halaman, berbagai macam error yang ada di blog kita, dan masih banyak lagi.Jadi sebuah kesalahan besar jika kita tidak memanfaatkan secara maksimal tool yang satu ini.

5. Tidak Mengoptimalkan Judul Dan Meta Deskripsi.


Kebanyakan para seo pemula hanya sering memikirkan cara untuk bisa menjadi ranking satu di google tanpa memikirkan kualitas dari judul blog dan deskripsi blognya.Mereka tidak tahu bahwa judul artikel yang menarik akan membuat pengunjung tertarik untuk mengkliknya.Percuma jika artikel blog anda menduduki posisi nomor 1 di google tapi judulnya tidak menarik maka tidak akan bisa menarik pengunjung dan apabila pengunjung tidak tertarik maka tidak akan ada trafic di blog anda.

6. Terlalu Percaya Dengan Meta Tag SEO.


Sebelumnya saya juga sudah sering membahas pada artikel saya tentang cara membuat artikel blog muncul dihalaman pertama google.Sebenarnya meta tag seo itu hanya berpengaruh sedikit untuk blog anda tapi ingat metag tag itu tidak kan berpengaruh apa-apa untuk artikel blog anda.Misalnya seperti meta tag keyword,meta tag keyword hanya berfungsi membuat keyword pencarian blog kita di google tapi artikel kita tidak akan ditemukan di google menggunakan keyword yang kita bidik untuk blog kita dari meta tag keyword ini,mengapa demikian?,karena artikel juga memiliki keyword sendiri maka dari itu kita perlukan rset keyword sama seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

7. Tidak Menggunakan Variasi Anchor Text Ketikan Mencari Backlink.


Saya yakin kebanyakan dari anda sudah tahu, jika ingin mencari sebuah backlink maka akan lebih bagus untuk menggunakan keyword target keyword sebagai anchor textnya.Tapi penggunaan keyword sebagai anchor text secara berlebihan tidak akan bagus karena justru akan sangat membahayakan blog anda karena akan dianggap spam.
Jadi waktu anda ingin mencari backlink janganlah 100% hanya menggunakan keyword target sebagai anchor text. Gunakan keyword variasi yang berhubungan atau gunakan nama blog anda sebagai anchor text.
Baca Juga : Cara Membuat Anchor Text Berkualitas SEO.

8. Tidak Menggunakan Internal Linking.


Tahukah anda bahwa penempatan internal link di dalam postingan blog juga merupakan salah satu cara master SEO untuk mengoptimasi seo on page mereka.Internal linking semata-mata bukanlah untuk meningkatkan posisi artikel di postingan blog tapi untuk mengkatkan trafic pageview blog anda.Dengan anda menaruh internal linking sesuai artikel blog anda dan jika anda juga membuatnya terlihat menarik maka akan menambah trafic PV blog anda,mengapa demikian?,karena jika pengunjung tertarik dengan link yang anda buat di dalam postingan anda itu maka dia pasti akan mengkliknya dan begitu seterusnya hingga dia bosan,maka dengan cara ini dalam 1 pengunjung saja dapat menghasilkan 10-30 klik postingan atau PV.

9. Terlalu Memikirkan Susunan Keyword.


Kebanyakan orang sering memikirkan cara menaruh keyword yang tepat di dalam postingan mereka,memang sih menaruh keyword yang di bidik temrasuk penting dalam pencarian google tapi jika anda terlalu fokus kesana maka artikel yang seharusnya di buat untuk informasi bagi para pengunjung akan menjadi artikel yang penuh dengan keyword yang isinya tidak jelas dan membosankan.
Baca Juga : Cara Memasukan Keyword Yang Benar Ke Dalam Postingan.

10. Mengunakan Bold,Italic,Dan Underline Secara Berlebihan.


Salah satu teknik SEO jadul yang masih cukup banyak digunakan oleh pemula.Yaitu menggunakan Bold, Italic, dan Underline secara berlebihan.Penggunaan metode seperti sama sekali tidak efektif karena tidak akan membantu meningkatkan ranking blog sobat, malah justru akan mengganggu kenyamanan pembaca blog sobat.Cukup gunakan bold, italic, atau underline jika memang benar-benar dibutuhkan.

11. Tidak Memperhatikan Kecepatan Loading Blog.


Kebanyakan para blogger pemula sering membuat blog mereka menjadi berat dengan variasi-variasi widget yang mereka pasang agar blognya kelihatan indah,contohnya yg sering saya lihat seperti mereka memasang widget hujan,salju,daun berjatuhan atau semacamnya dengan tujuan untuk membuat blog mereka kelihatan lebih menarik.Padahal sebenarnya google lebih menyukai blog yang sederhana dan fast loading dan tidak hanya google bahkan para pengunjung juga demikian.

12. Tidak Menggunakan Desain Mobile Friendly.


Saya pernah dengar bahwa mulai sekarang google hanya akan memperhatikan blog-blog yang mobile friendly karena google sudah melakukan survey bahwa ternyata 70% pengguna google mereka menggunakan mobile mereka.Jadi dengan hasil survey yang demikian membuat google mengambil tindakan untuk mendukung blog atau situs yang desainnya mobile friendly,jadi silahkan anda ubah blog anda mulai saat ni agar terlihat mobile friendly.

13. Terlalu Fokus Mencari Backlink.


Sebelumnya saya juga sudah pernah menjelaskan bahwa mencari backlink yang berlebihan dapat berdampak buruk pada blog kita,selain blog kita bisa masuk sandbox tapi juga bisa di banned oleh google.Sering saya sarankan kepada anda agar mencari backlink cukup sekali-sekali saja jangan berlebihan.Contohnya saya hanya mencari backlink setidaknya 3 kali dalam sebulan tapi tentunya backlinknya yang berkualitas pastinya.
Baca Juga : Cara Menanam Backlink Yang Benar

14. Lebih Mementingkan Kuantitas dari pada Kualitas Backlink.


Banyak Yang lebih mementingkan Kuantitas backlink,mereka sering mencari backlink di asal tempat yang penting backlinknya sudah banyak.Mereka tidak tahu bahwa satu backlink yang berkualitas setara dengan 1000 backlink dari blog yang tidak berkualitas.Untuk anda yang suka mencari backlink yang banyak dan asal tempat lebih baik anda hentikan secepatnya dan segeralah mencari backlink berkualitas muali saat ini.
Baca Juga : Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas.

15. Selalu Hobby Tukar Link.


Tukar link merupakan salah satu contoh metode mencari backlink tidak berkualitas. Metode ini sudah jadul dan sudah tidak efektif lagi, tapi sepertinya masih cukup banyak yang melakukannya.
Tukar link bukan hanya metode mancari backlink yang tidak efektif, tapi juga berbahaya bagi blog sobat karena termasuk dalam kategori Link Schemes yang dibenci Google.

16. Sering Berpedoman Pada Check SEO di chkme.com.


Ini adalah contoh blogger yang tidak mempelajari SEO dari basic. Penting untuk diketahui bahwa Google menggunakan lebih dari 200 faktor untuk meranking halaman web di internet.
Sedangkan chkme.com hanya menggunakan beberapa biji faktor saja sebagai penilaian skor SEO. Jadi sama sekali tidak bisa dijadikan sebagai acuan skor SEO, karena SEO memang nggak ada skornya.

17. Terobsesi Untuk Mencapai PageRank,DA,PA,Alexa Rank DLL.


Masih berhubungan dengan SKOR. Salah satu kesalahan lain yang sering dilakukan pemula adalah terlalu terobsesi dengan skor-skor seperti PageRank, DA, PA, Alexa Rank, dan lain sebagainya.
Khusus untuk PageRank seperti yang kita tahu bahwa google sudah tidak melakukan update lagi. Jadi sama sekali tidak penting untuk dipikirkan.
Untuk menilai apakah SEO yang kita lakukan berhasil atau tidak bukan dengan cara melihat PR, DA, PA, dan Alexa Rank, tapi lihat jumlah pengunjung blog anda, lihat berapa penghasilan AdSense blog anda, lihat berapa produk yang berhasil terjual. Karena itulah yang paling penting.

18. Mengandalkan SEO Untuk Pengunjung.


Jika anda baru saja membuat blog atau website, maka cukup penting untuk tidak hanya mengandalkan mesin pencari sebagai tempat mencari pengunjung.
Setidaknya untuk 6 bulan sampai 1 tahun pertama jangan terlalu fokus hanya pada SEO, tapi gunakan metode lain seperti promosi melalui media sosial, blogwalking, atau social bookmarking.
 

19. Selalu Mengharapkan Hasil Instan.


SEO semakin kesini semakin sulit karena google semakin cerdas. Jadi jangan pernah mengharapkan hasil instan dari SEO karena semua butuh proses.
Jangan khawatir jika mungkin beberapa bulan pertama blog sobat masih sulit bersaing di mesin pencari. Yang terpenting adalah harus tetap konsisten.

20. Tidak Belajar Dari Master SEO.


Inilah faktor yang paling penting dalam seo yaitu belajar dari masternya langsung.Saya sendiri bahkan mencari master seo yang blognya benar-benar sudah memiliki PV atau trafic pengunjung yang tinggi.Kebanyakan juga blogger pemula suka mencari dan berpedoman pada trik-trik di google,yang padahal tidak tau asal-usul blognya.Termasuk saya sendiri,saya hanya berbagi pengalaman selama yang saya pelajari dari master SEO dan janganlah terlalu anda berpedoman pada artikel saya karena saya bukan master SEO.

Nah itulah beberapa kesalahan-kesalahan seo yang sering terjadi di dunia blogger khususnya bagi pemula blogger.Semoga artikel saya tentang 20 Kesalahan SEO Pemula Ini bisa bermanfaat untuk anda semua dan jangan lupa ya untuk berkomentar dulu sebelum beranjak pergi dan jangan lupa untuk bookmark atau subcribe blog ini untuk anda yang tidak ingin ketinggalan informasi seputar blogging.
Share this :

Penulis by abid

Previous
Next Post »

24 Komentar

avatar

setahu saya checkme cuma men seo kan tampilan blog saja, dan di 2015 ini yang wajib blog harus mobile friendly

Balas
avatar

Bener tuh kata sinopsis film (y)
maskedx.blogspot.com

Balas
avatar

memang benar yang agan bilang tapi tentunya dengan mempunyai blog mobile saja tidak akan membuat artikel blog kita begitu saja menjadi nomor 1 di google,,nah dengan kata lain teknik seo yang lain juga wajib kita pelajari... :)

Balas
avatar

ya bagus juga gan.. setidaknya wawasan kita banyak mengenai SEO. tinggal kita ambil kesimpulan sendiri.
blog saya juga gitu, masih sepi, masih belajar jg soal SEO. ty gan.. bermanfaat banget nih artikel-nya.

Balas
avatar

artikelnya cukup membantu, tapi yang kurang paham tentang keyword ni, bisa dikasih contohnya

admin
www.caknamedia.blogspot.com

Balas
avatar

Sewaktu saya membaca artikel Anda, saya merasa terganggu dengan tanda baca khususnya koma dan titik. Setelah koma atau titik selalu diikuti oleh spasi. Itu aturan yang benar. Sebelumnya mohon maaf atas keusilan saya ini. Berkenaan dengan isi artikelnya saya suka dan bermanfaat. Terima kasih. (EnglishKita.com)

Balas
avatar

Perasaan saya yang menulis artikel ini sudah Professional dalam bidang SEO dan Blogger (h)

Balas
avatar

:>) bagus informasinya lengkap.

Balas
avatar

saya stuju dengan semua hal di atas gan hanya saja untuk no 7 agak sedikit sensitif karena jika bermain keywords ketika mencari backlink khususnya dengan cara blogwalking itu akan lebih di anggap spamming

Balas
avatar

infonya sangat bermanfaat gan...artikel ini telah menambah wawasan saya tentang dunia blogging...mksih atas infonya :)

Balas
avatar

ada yang tau ga cara ngecek biar mobile friendly gmn ?

Balas
avatar

chkme cuman mengecek sedikit sekali faktor SEO, dan gampang banget membuat 100%. Coba deh bisa membuat 100% seo di seositecheckup.com

Balas
avatar

gtu y gan? makasih infonya (andi newbie)

Balas
avatar

Bener bgeet gan , ane jrang melakukan reset keyword alias asal nembak ajha gan ,,,
Soalnya belum paham nii

Balas
avatar

yang dimaksud mobile friendly gmn bang ??

Balas
avatar

mobile frienly itu sesuai atau bisa di akses di mobile....

Balas
avatar

Cara agar mobile friendly gmn ya?

Balas
avatar

makasih artikelnya gan dari http://irwansulis.blogspot.com

Balas
avatar

thank you so much information http://sofa17.blogspot.com

Balas
avatar

makasih banget nih bro ,ini sangat bermanfaat untuk ane yg masih newbie dunia blog.

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔